Trik Foto Produk Makanan yang Bisa Membangkitkan Rasa Lapar
Foto produk makanan (Sumber; Pixabay)

Bagikan:

Salah satu elemen penting dalam pemasaran produk adalah foto. Pemilik bisnis wajib membuat foto produk yang menarik. Foto produk yang bagus akan membuat calon pembeli anda tertarik memesan produk anda.

Maka dari itu foto produk sangat penting untuk meningkatkan penjualan anda. Terlebih jika anda seorang pelaku bisnis online. Karena di olshop pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung, maka mereka akan menilai produk anda dari foto.  

Foto produk menjadi strategi untuk memikat pelanggan. Bahkan foto yang bagus bisa membuat produk yang biasa saja menjadi terlihat lebih menarik.

Namun membuat foto produk yang bagus tidak bisa sembarangan atau asal jepret. Ada trik-trik khusus yang harus anda lakukan agar hasil foto produk anda menarik.

Berikut ini cara-cara membuat foto produk menarik untuk memikat pelanggan.

Perlihatkan Bahan Dasar Makanan

Ornamen dapat menambah foto produk terlihat menarik. Dalam foto produk makanan, anda bisa memakai bahan dasar menjadi ornamen. Bahan dasar makanan akan memberi kesan segar dan fresh pada foto anda.

Dengan menambahkan bahan dasar makanan, foto produk anda akan menjadi semakin menarik. Misalnya anda ingin memotret sup,  anda bisa memasanga sayuran pelengkap sup di samping mangkok.

Foto Sambil Beraksi

Foto produk makanan bertujuan untuk membuat orang membayangkan rasanya memakan produk tersebut. Menampilkan gerakan dalam foto makanan akan membuat orang semakin tergoda untuk membayangkan produk anda. Misalkan, gerakan memotong kue, mengoleskan saus, dan sebagainya.

Potret Saat Makanan Masih Panas

Sajian sempurna sebuah makanan akan terlihat ketika makanan masih panas. Dalam foto produk makanan pun seperti itu. Anda disarankan untuk memotret makanan yang masih dalam kondisi panas. Makanan yang masih mengepulkan uap panas. Makanan yang masih bingar-bingar merah.

Potret-potret tersebut akan menambah kelezatan makanan, sehingga orang semakin tergoda. Catatan, foto ini harus diambil secepat mungkin karena panasnya makanan tidak bisa bertahan lama. Selain itu, anda juga harus menyediakan penerangan yang baik agar detail dan warna makanan bisa tertangkap kamera.

Potret Porsi Makanan yang Sedikit atau Mikro Angle

Dalam food photography, anda justru disarankan untuk tidak mengambil gambar makanan secara penuh. Ambilah sedikit bagian dari makanan tersebut. Tujuannya agar makanan ditampilkan secara menonjol.

Frame porsi makanan yang sedikit akan memperlihatkan bagian makanan yang detail. Selain itu frame yang sedikit juga memberi efek perhatian yang banyak pada makanan tersebut. Semakin detail foto makanan tersebut, maka orang akan semakin  tergiur untuk membayangkan.

Memadukan Warna

Salah satu unsur dalam makanan yang menimbulkan kesan menggiurkan adalah warnanya. Warna makanan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap yang melihat. Oleh karena itu, komposisi warna yang baik dan tajam sangat penting dalam food photography.

Warna yang tajam dalam foto makanan akan menambah cita rasa makanan atau tidak mengurangi kesan rasanya. Untuk membuatnya anda bisa memadukan ornamen yang memiliki kombinasi warna yang bagus atau harmoni. Pilih ornamen yang memiliki warna kotras dengan makanannya, agar makanan menjadi lebih menonjol.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.