Strategi Jitu Jualan Online di Shopee, Produk Laku Keras dan Stok Habis
Aplikasi Shopee (dok. Shopee)

Bagikan:

Shopee menjadi salah satu marketplace yang cukup populer digunakan oleh masyarakat. Bersaing dengan Tokopedia, marketplace yang berdiri pada tahun 2009 ini memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia.

Omset penjualan di Shopee sangat menjanjikan. Beberapa pebisnis online bisa meraup ratusan hingga jutaan rupiah dari Shopee. Ada yang dalam waktu satu hari bisa kebanjiran orderan. Ada juga yang sampai kehabisan produk.

Jika anda ingin laris berjualan di Shopee, ada strategi khusus yang perlu anda lakukan. Berikut tips berjualan di Shopee agar cepat laku.

Rajin Upload Produk

Meski terlihat sepele, namun mengunggah produk dengan rajin berdampak penting bagi penjualan. Anda harus membuat jadwal posting produk, mulai dari harian hingga mingguan.

Ketika anda rutin mengunggah produk, maka konsumen akan terus memantau toko anda. Dengan begitu, secara tidak sadar mereka akan menjadi pengikut setia toko anda.

Tak hanya itu, produk di etalase toko anda juga menjadi bertambah banyak. Banyaknya produk yang anda tampilkan akan membuat toko anda berkesan profesional. Selain itu, konsumen akan menjadi semakin tertarik karena ditawari banyak variasi produk.

Mengunakan Fitur Gratis Ongkir

Shopee menyediakan fitur yang sangat membantu pebisnis online, yaitu fitur gratis ongkir. Fitur ini terbukti sangat efektif menarik banyak pembeli.

Dengan fitur ini, pembeli akan merasa lebih hemat berbelanja. Pembeli tidak perlu membayar ongkir jasa ekspedisi yang digunakan. Fitur gratis ongkir di Shopee mulai dari minimal pembelanjaan 0, Rp30.000, Rp90.000, dan Rp200.000.

Memperbanyak Jumlah Follower

Sama seperti Instagram, Shopee juga memiliki fitur follower dan following. Fitur ini mempunyai pengaruh besar dalam performa penjualan toko.

Produk yang anda jual di toko akan semakin laku ketika pengikut atau followers anda banyak. Semakin banyak followers, semakin besar juga potensi penjualan. Maka dari itu, anda wajib memperbanyak jumlah pengikut.

Mengikuti Program Khusus dari Shopee

Selain fitur ongkir, Shopee juga memiliki banyak program khusus untuk pemilik toko. Program tersebut adalah flash sale.

Flash sale merupakan sistem penerapan timeless dalam penjualan produk, yang disertai diskon. Pemilik toko menjual produknya dengan memasang batasan waktu, misalnya batasan jam, batasan, hari, bulan, tanggal tertentu, dan sebagainya.

Program flash sale akan membuat banyak konsumen berebut membeli produk anda. Konsumen akan merasa produk anda sayang untuk dilewatkan. Mereka tidak mau ketinggalan promo dari anda karena waktunya terbatas.

Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya sangat mudah. Anda perlu menyiapkan KTP dan foto selfie sambil memegang KTP.

Menggunakan Fitur Live Chat

Shopee juga mempunyai fitur live chat. Fitur live chat digunakan untuk komuniasi antara pemilik toko dengan konsumennya. Fitur ini cukup efektif meningkatkan kepercayaan konsumen.

Dengan fitur ini anda bisa memberi informasi kepada konsumen mengenai toko anda. Anda bisa mengabarkan stok barang, waktu pengiriman, saran dan keluhan, dan sebagainya.

Hal tersebut akan membuat konsumen percaya dan nyaman dengan pelayanan toko anda. Jika sudah begitu akan semakin banyak konsumen yang berlangganan dengan anda.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.