Perhatian, Prakiraan Cuaca BMKG Sebagian Besar Wilayah Indonesia Akan Hujan Lebat
Hujan deras turun di kawasan Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa 18. (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Prakiraan cuaca hari ini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah besar daerah-daerah di Indonesia mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara dari laman resmi BMKG di Jakarta, Jumat, cuaca tersebut diprakirakan terjadi di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca serupa juga berpotensi melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan. Sedangkan Sulawesi Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian Timur, Selat Makassar bagian Selatan dan Utara, Laut Sulawesi bagian Timur, dan Laut Banda.

Cuaca
Cuaca berawan dan hujan akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. (Dok Antara)

BMKG mengimbau bidang pelayaran memperhatikan peringatan gelombang tinggi dalam mengedepankan keselamatan pelayaran. Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau agar tetap waspada.

Jakarta

Sementara di Jakarta menurut BMKG, masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan petir yang disertai angin kencang di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Soalnya potensi hujan petir disertai angin kencang di dua wilayah itu diperkirakan terjadi pada siang hingga menjelang malam hari. Cuaca pada pagi hari di enam wilayah DKI Jakarta diperkirakan kompak cerah berawan.

Kemudian pada siang hari, cuaca mulai tidak beraturan yakni di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan. Sedangkan di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan cerah berawan. Pada malam hari langit di seluruh wilayah DKI Jakarta diperkirakan berawan.

Seorang warga menggunakan payung saat melintas di jembatan penyeberangan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, saat hujan lebat turun. (Dok. Antara)
Hujan DKI Jakarta

Selanjutnya pada dini hari seluruh wilayah DKI diperkirakan hujan intensitas ringan, kecuali di Kepulauan Seribu diperkirakan hujan intensitas sedang. Sementara itu, suhu udara di DKI Jakarta diperkirakan berada pada rentang minimum 23-24 derajat celsius hingga maksimum 30-31 derajat celsius.

Sedangkan tingkat kelembaban diperkirakan berada pada rentang minimum 75-80 persen hingga maksimum 90-95 persen.

Demikian prakiraan cuaca hari ini dari BMKG, semoga bisa menjadi panduan untuk anda semua, terutama bagi yang beraktivitas di luar rumah.