BMKG Perkirakan Aceh, Sumut, Yogyakarta Hingga Kepri Diguyur Hujan Lebat Hari Ini
Ilustrasi pria memakai payung menerobos hujan menuju tujuan. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah di Tanah Air diguyur hujan diiringi angin kencang dan petir pada hari ini, Selasa 1 November.

Dikutip dari situs BMKG, potensi hujan lebat pada hari ini terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Bengkulu, Jambi, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hujan juga dapat turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara, hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan turun di daerah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Maluku Utara.

BMKG memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di Kota Jambi, Gorontalo, Tarakan, Samarinda, Kupang, Palembang dan Medan.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan intensitas ringan dapat terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada siang hari ini.

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Untuk hari ini, kategori waspada berlaku di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Papua.