Pengamat Politik: Gibran Rakabuming Raka Kandidat Kuat Wapres dari Prabowo Subianto
Foto (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto tak lain Gibran Rakabuming Raka, putra sulung dari Presiden Joko Widodo. Menetapkan Gibran sebagai cawapres Prabowo diyakini akan diaminkan oleh semua pendukung partai koalisi.

"Tak mungkin para pendukung partai koalisi untuk Pak Prabowo itu akan menentang keputusan tersebut mengingat waktu yang sudah seperti ini," kata Pengamat politik Ray Rangkuti, Sabtu 21 Oktober.

Penetapan Gibran sebagai cawapres Prabowo akan mendapatkan restu serta dukungan dari Jokowi. Ray mengatakan tidak mungkin sebagai orang tua Gibran, Jokowi tidak memberikan dukungan kepada putra sulungnya.

"Logika sederhana saja, apakah mungkin Pak Jokowi tidak memberikan dukungan kepada putra sulungnnya," kata Ray Rangkuti.

Isu dinasti politik yang sempat mencuat sebelum proses pendaftaran dinilai tidak akan bertahan lama tertutup oleh kesempatan kaum muda untuk berkontestasi di kancah nasional. Hal ini yang memungkinkan nama Gibran kembali menguat untuk mendampingi Prabowo Subianto.

"Isu politik dinasti itu tidak terlalu kuat. Hal ini yang membuat nama Gibran kembali mencuat kuat untuk mendampingi Prabowo Subianto sebagai wakil presidennya," katanya.

Saat ini Partai Golkar sedang mengadakan rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Kantor DPP partai berlambangkan pohon beringin itu di Slipi, Jakarta. Dalam rapimnas ini dihadiri Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.