VIDEO: Prajogo Pangestu, Orang Kaya Nomor Satu di Indonesia Versi Forbes
VIDEO: Prajogo Pangestu, Orang Kaya Nomor Satu di Indonesia Versi Forbes. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Prajogo Pangestu, orang kaya nomor satu di Indonesia yang berhasil naik 3 peringkat, dari peringkat 4 naik menjadi peringkat satu menurut Forbes Real Time per 11 November 2023. Pencapaian ini juga membuat Prajogo masuk ke dalam daftar 30 orang terkaya di dunia.

Prajogo Pangestu menduduki orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 38,7 miliar atau setara dengan Rp 607 triliun. Prajogo berhasil membalap Low Tuck Kwong dan Hartono Bersaudara dalam hitungan hari disertai dengan kenaikan harga saham perusahaan-perusahaan miliknya. Diketahui Prajogo merupakan seseorang dengan tamatan Sekolah Menengah Pertama dan mantan sopir angkot di tahun 1960.

Pertemuannya dengan Burhan Uray seorang pengusaha kayu dari Malaysia mengubah nasibnya yang semula hanya sopir angkot sekarang menjadi pegusaha terkaya. Berawal dari bergabungnya Prajogo dengan PT Djajanti Group milik Burhan hingga sekarang memiliki sejumlah perusahaan sendiri. Berbekal ilmu yang ia dapatkan dari perusahaan yang dimiliki pengusaha asal Malaysia itu, Prajogo mendirikan CV. Pacific Lumber Coy pada akhir 1980 yang kemudian berganti nama menjadi PT Barito Pacific Tbk pada 2007.

Perusahaan lain yang merupakan miliknya diantaranya ada PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Barito Renewables Energy Tbk, dan PT Petrindo Jaya Kreasi. Simak videonya berikut ini.