Profil Dorman Borisman: Bintang Komedi Ikonik yang Tutup Usia Hari Ini
Dorman Borisman (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka datang dari industri hiburan tanah air. Dorman Borisman atau dikenal sebagai Kardiman mengakhiri perjuangannya untuk hidup pada hari ini, Selasa, 7 Mei 2024.

Ia dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Moch. Ridwan Meuraksa, Jakarta, pukul 19.18 WIB. Rencananya jenazah akan dikebumikan pada Rabu, 8 Mei 2024.

Bagi generasi sekarang, mungkin nama Kardiman jauh dari sorotan. Akan tetapi bagi mereka yang tumbuh besar di tahun ‘90-an tentu tidak asing dengan aksi kocak Kardiman.

Berikut profil Dorman Borisman atau akrab disapa Kardiman:

Lahir pada 5 Februari 1951, Dorman Borisman membintangi puluhan judul sinetron, film, serta panggung teater. Namanya mulai dikenal setelah memerankan film Manusia Enam Juta Dollar bersama Warkop DKI. Ia berperan sebagai Dorman Spion 600.

Sebenarnya, kariernya sudah dimulai sejak tahun 1977 lewat film Kugapai Cintamu. Kemudian, ia mendapat peran dalam film Suci Sang Primadona, Senggol-senggolan, 5 Cewek Jagoan, Roman Picisan, Ratu Ilmu Hitam dan sebagainya.

Dalam berbagai kesempatan, ia berperan sebagai Dorman bersama Warkop DKI. Karakter Dorman yang merupakan seorang pembantu nyatanya membantu membangkitkan momen komedi bersama trio legenda tersebut.

Beberapa film Warkop DKI yang ia perankan adalah Pintar Pintar Bodoh, Gadis Bionik, Santet, serta Manusia Enam Juta Dollar yang melambungkan namanya.

Di dunia teater, Dorman bergabung dengan tokoh teater seperti Arifin C. Noer, Teguh Karya, dan masih banyak lainnya. Ia juga menjadi sosok di balik berdirinya sejumlah sanggar teater.

Aktif di tahun ‘90-an, Dorman Borisman terus berakting di era 2000-an. Ia memerankan film Kutunggu Jandamu, Garuda di Dadaku 2, Surat Kecil untuk Tuhan, The Underdogs, Kembang Kantil, Generasi Micin vs Kevin, dan Orang Kaya Baru yang menjadi film terakhirnya.

Selain menjadi Dorman, karakter ikonik yang ia perankan lainnya adalah Saras 008 yang tayang sejak tahun 1998 hingga 2004. Ia juga sempat berperan dalam serial Patriot di tahun 2015.

Dorman Borisman sering memerankan seorang pria suku Batak. Hal yang menarik adalah dia tidak lahir sebagai orang Batak melainkan Jawa.

Beberapa tahun terakhir, kondisi kesehatannya mulai menurun dan membutuhkan perawatan. Kakinya sempat diamputasi dan ia mengalami stroke.

Dorman Borisman meninggal pada usia 73 tahun.