Pemilik Bitcoin Mulai Pindahkan 859,92 BTC Bernilai Ratusan Miliar ke Alamat Lain
Ratusan BTC mulai dipindah ke alamat lain. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia kripto, biasanya pemilik Bitcoin menyimpan mata uang digital ini selama bertahun-tahun, bahkan belasan tahun. Namun, kali ini, sejumlah pemilik Bitcoin telah memutuskan untuk menggerakkan koin-koin yang "tertidur" ini, baik dengan cara menjualnya atau memindahkannya ke alamat lain.

Pada tanggal 5 September 2023, entitas atau individu pemilik Bitcoin memutuskan untuk mengaktifkan total 359,92 BTC yang sebelumnya tidak aktif melalui delapan transaksi berbeda. Ini adalah peristiwa menarik yang terdeteksi oleh btcparser.com.

Empat dari transaksi ini mendapatkan konfirmasi di tingkat blok 806.295, sementara tiga lainnya mendapat konfirmasi di tingkat blok 806.299. Semua transaksi ini berasal dari koin yang telah dimiliki sejak tanggal 13 Juni 2017 hingga 23 Juni 2017.

Meski begitu, semua transfer ini dilakukan tanpa banyak perubahan atau tindakan tambahan, sehingga privasi mereka dalam pengukuran alat Blockchair terbilang rendah. Dengan nilai Bitcoin saat ini, total 359,92 BTC ini memiliki nilai sekitar 9,2 juta dolar AS (Rp141 miliar).

Tidak hanya itu, hari berikutnya juga menyaksikan transfer dari alamat yang sudah  tidak aktif sejak 12 Oktober 2016, hampir tujuh tahun lamanya. Transaksi ini melibatkan 500 BTC, yang setara dengan 12,79 juta (Rp196 miliar) dengan nilai tukar saat ini. Alamat yang dikenal sebagai "14LZG" melakukan transfer ini untuk pertama kalinya sejak ketinggian blok 806.465.

Dalam transaksi ini, dua penerima mendapatkan 150 BTC dan 350 BTC masing-masing. Seperti halnya dengan transaksi sebelumnya, privasi transaksi ini juga tergolong rendah dalam alat pengukur privasi Blockchair, mendapatkan nilai 0 dari 100, dengan alamat-alamat yang dapat diidentifikasi sebagai salah satu kerentanan.

Alasan bangkitnya whale Bitcoin setelah periode yang panjang ini masih menjadi misteri. Perlu dicatat bahwa istilah "dibelanjakan" atau "dihabiskan" dalam konteks ini hanya berarti bahwa koin-koin tersebut telah dipindahkan ke alamat yang berbeda. Ini bisa mengindikasikan penjualan di pasar terbuka atau peralihan ke metode penyimpanan lain seperti cold wallet dan lainnya.

Terkait