Sejak Diluncurkan, 1000 orang Pendukung Donald Trump Daftar Magacoin
Donald Trump pernah menyebut bitcoin sebagai scam. (foto: Library of Congress/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Magacoin, mata uang kripto dari massa pro-Trump, telah menerima lebih dari 1.000 pendaftar sejak diluncurkan minggu lalu. Menurut laporan The Guardian, Kamis, 22 Juli, sebagian besar orang yang mendaftar hanya memiliki 100 magacoin. Ini adalah jumlah awal yang ditawarkan para peminatnya. 

Kepada The Guardian, seorang hacktivist yang menyatakan dirinya pencipta kripto ini menyatakan jika Magacoin sejauh ini memegang sebagian besar koin, dan sekitar 75 juta koin telah dibuat secara total.

Magacoin dibuat sebagai reaksi atas kekalahan mantan Presiden AS Donald Trump dalam pemilihan November 2020. Jumlah total koin adalah persetujuan dari hampir 75 juta orang yang memilihnya. Ini dirancang untuk mendukung kandidat yang terkait dengan slogan Make American Great Again, dan membantu mendanai kampanye dan pemilihan mereka di masa depan.

Magacoin belum menjadi koin crypto yang diperdagangkan dan tidak terdaftar di platform pelacakan mata uang kripto utama pada saat penulisan.

Ini sebenarnya bukan uang kripto pertama yang mendukung Trump. Sebelumnya juga diciptakan TrumpCoin untuk mendukung mantan presiden dan pengikutnya. Menurut data CoinMarketCap, TrumpCoin, diklaim memiliki lebih dari 6 juta koin yang beredar, dan menawarkan kapitalisasi pasar 383.500 dolar AS.

Tokoh masyarakat seperti pembawa acara radio, blogger, dan tokoh MAGA lokal yang setuju untuk mempromosikan koin dapat menerima 1.000 token gratis melalui program duta besar. Menurut The Guardian, banyak orang dilaporkan telah menerima tawaran ini juga, 

Guardian juga melaporkan dalam sebuah peretasan keamanan di situs web yang ditautkan ke magacoin,  terungkap data pengguna termasuk alamat email, kata sandi, alamat IP, dan alamat dompet cryptocurrency dari peminat magacoin. Bahkan data juga mengungkapkan bahwa beberapa tokoh sayap kanan terkemuka telah menjadi duta magacoin.

Trump belum menyatakan dukungan untuk TrumpCoin atau magacoin. Dia secara historis tidak mendukung mata uang kripto secara umum. Sebaliknya Trump mengatakan bitcoin "tampak seperti scam" beberapa waktu lalu. 

Ia pernah “mengoceh” tentang bitcoin dan uang kripto di Twitter pada 2019. Pada saat itu, dia mengatakan cryptocurrency bukan uang dan dia tidak menyukainya karena nilainya tidak stabil dan tidak memiliki dukungan substansial.