Cara Mendaftar Bitcoin untuk Pemula; Menggila! Kini 700 Juta Per Koin
Bitcoin meroket tajam setelah diprediksi turun (Straitstimes)

Bagikan:

Pekan ini bitcoin sedang menarik perhatian banyak orang. Bitcoin merupakan uang virtual yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Uang elektronik ini sedang digandrungi oleh banyak orang lantaran nilainya sedang naik.

Dalam 6 bulan terakhir, bitcoin meroket hingga kisaran 350 persen. Kali ini bitcoin sudah meningkat lagi hingga mencapai angka Rp58.354 dollar AS, setara dengan Rp821 juta per keping.

Elon Musk, bos Tesla sekaligus orang terkaya didunia sangat merekomendasikan bitcoin sebagai alat transaksi. Penggunaan mata uang krypto disebut lebih mudah dan praktis dibanding dengan penggunaan uang konvensional.

Ada langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan bitcoin. Berikut cara mendaftar bitcoin untuk pemula.

Membuat Wallet Bitcoin

Bitcoin mempunyai alat penyimpanan atau dompet digital bernama wallet asset crypto. Anda harus membuat wallet bitcoin terlebih dahulu untuk mendaftar bitcoin.

Cara pendaftaran bitcoin sangat mudah. Anda bisa registrasi melalui platform Blockchain.com . Selain itu anda juga bisa membuatnya di bursa asset crypto.

Proses registrasi meminta anda untuk memasukkan alamat email, password, nomor ponsel, serta beberapa data diri lainnya. Jika anda mendaftar lewat platform Blokchain.com, jangan lupa untuk menyimpan kata sandi anda.

Login Bitcoin

Setelah proses registrasi selesai, selanjutnya anda login ke wallet. Pada beberapa platform, saat login membutuhkan Google Authenticator. Lalu akan terlihat Bitcoin addres yang jumlahnya 33 karakter, campuran huruf dan angka. Selanjutnya anda sudah bisa melakukan transaksi menggunakan bitcoin.

Memperoleh Bitcoin

Apabila proses pendaftara sudah selesai, maka saatnya anda mulai mendapatkan bitcoin. Anda bisa mendapatkan bitcoin dengan membeli, menambang, atau secara gratis. Cara mendapatkan uang kripto ini secara gratis melalui penambangan. Sedangkan untuk membelinya bisa di cryptocurrency.  

Menambang Bitcoin

Setelah login berhasil, langkah selanjutnya anda harus melakukan validasi. Validasi transaksi dilakukan melalui skema proof of work.

Menambang bitcoin atau disebut juga mining ada dua jenis.

Solo Mining

Solo mining adalah mengatur semua program secara sendiri. Untuk jenis ini anda harus bisa menggunakan perangkat komputer dengan spsifikasi tertentu. Mining jenis ini memmbutuhkan modal yang lumayan mahal karena daya yang digunakan sangat besar.

Cloud mining

Mining jenis ini lebih murah dibanding yang satunya. Pemakai cloud mining tidak perlu menggunakan alat komputer dengan spek tinggi. Ada layanan cloud mining yang bisa gunakan, seperti hashflare, genesis mining, hashing24, dan sebagainya.

Mendapatkan Bitcoin Gratis

Bitcoin juga bisa didapatkan secara gratis. Caranya cukup mudah. Anda bisa mengikuti airdrops, menggunakan bitcoin faucet, dan membagikan kode referral. Namun anda harus bersabar karena prosesnya cukup lama.

Membeli Bitcoin di Bursa Cryptocurrency

Cara satu ini yang paling banyak digunakan orang. anda tinggal menyiapkan uang. Pertama pilih bursa yang ingin anda tuju.Lebih disarankan anda menggunakan bursa cryptocurrency yang terdaftar di Indonesia.

Jika bursa sudah ditentukan, selanjutnya anda tinggal mendaftar. Anda akan diminta memasukkan alamat email dan password. Lalu anda akan dibawa ke proses verifikasi atau Know Your Costumer (KYC). Jangan lupa menyiapkan kartu identitas, swafoto, dan dokumen pendukung lain.

Setelah diverifikasi, selanjutnya anda sudah bisa melakukan deposit. Anda dapat memilih metode pembayaran menggunakan rupiah. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank atau transfer crypto.

Jika saldo sudah bertambah, anda sudah bisa membeli bitcoin maupun mata uang elektronik lain. Bitcoin  yang telah dibeli, simpahlah di wallet digital anda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.