5 Rekomendasi Pondok Pesantren Unggulan di Jawa Barat
Pondok Al Masoem, Bandung (Sumber: Almasoem.sch.id)

Bagikan:

Menitipkan anaknya ke pondok pesantren menjadi harapan bagi sebagian banyak orang tua. Para orang tua ingin selain mendapatkan ilmu pejaran, anaknya juga terdidik dalam hal adab. Terlebih sekarang pondok pesantren sudah tidak dinilai kuno. Sudah banyak pondok pesantren yang menawarkan pendidikan moder atau internasional.

Di provinsi Jawa Barat terdapat banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di berbagai kota. Banyaknya pilihan ini membuat masyarakat Jawa Barat tak perlu bingung lagi jika ingin memasukan anaknya ke sekolah yang berbasis agama ini.

Berikut ini pondok pesantren di Jawa Barat yang tepat untuk putra-putri anda.

Pondok Pesantren Modern Al-Islam Cirebon

Pondok pesantren ini berlokasi di Desa Kondangsari, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pimpinan pesantren ini adalah KH. Syafriadi Noor, M. Pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan SMP dan SMA. Pendidikan di pesantren ini menganut pola pendidikan Islam yang sudah diajarkan oleh Rasulullah.

Biaya pendidkan di pesantren ini sangat terjangkau. Total yang harus dibayar sebesar Rp12.000.000.  Jumlah tersebut untuk rincian fasilitas uang pembangunan, buku dan kitab, seragam, asrama, kegiatan OPPPMA, SPP 2 Bulan, dan biaya  bulanan Rp1.000.000.

Pondok Pesantren Daarul Uluum Lido

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Mayjen HR Edi Sukma KM 22 Muara, Ciburury, Cigombong, Bogor, Jawa Barat. Pondok Pesantren Daarul Uluum Lido didirikan oleh (alm) KH. Ahmad Dimyati pada tahun 1996.

Jenjang pendidikan yang dibuka di pondok ini mulai dari tingkat anak usia dini (RA) sampai tingkat menengah (TMI). Kompetensi yang diajarkan di sini adalah penguasaan ilmu-ilmu agama (Al-Uluum At-Tanziliyyah), serta diimbangi dengan ilmu-ilmu alam (Al-Ilmu Al-Kauniyya).

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari asrama santri, asrama guru, dapur santri, lapangan olah raga, kantin, perpustakaan, agrowisata, laboratorium, aula, tailor, dan masih banyak lagi. Biaya untuk masuk ke pesantren ini total  Rp5.930.000.

Pesantren Al-Ma’soem, Bandung

Pondok pesantren ini berlokasi di Jalan Raya Cipancing No. 22 Jatingangor-Sumedang. Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 1986 ini dipimpin oleh Asep Dedi Suhendri. Al-Masoem memiliki motto Cageur, Bageur, Pinter.

Program pendidikan yang disediakan di pondok ini mulai dari PG, TK, SD, SMP, SMA Fullday/Boarding School. Fasilitas yang didapat oleh santri, yakni 1 kamar yang ditempati 4 orang (untuk asrama putri) dan 4-6 orang (asrama putra).

Fasilitas pendukung disini juga sangat lengkap. Ada lapangan futsal, lapangan basket, jogging tracking, lapangan volly, kolam renang, dan masih banyak lainnya.

Al-Ma’soem memiliki program unggulan. Lulusan pondok ini bisa dipastikan tahfidz Al Qur’an 30 juz. Untuk jenjang SMA, diberlakukan system pembelajaran SKS, sesuai keterampilan dan minat siswa.

Pesantren Modern Al Umaana, Sukabumi

Pondok pesantren ini berlokasi di Kampung Cikaret, Kebon Manggu, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat. Pondok pesantren yang dipimpin oleh Mandjali A.S ini terhitung baru, karena mulai dibuka pada Agustus 2014.

Pondok Pesantren Al Umaana menawarkan sistem pendidikan modern. Materi pembelajaran yang digunakan dari kurikulum Kemendikbud serta kurikulum asli pondok pesantren ini.  Pondok ini identik dengan nuansa alamnya.  Semua bangunan di sini menggunakan bambu, termasuk asrama santri dan pengajarnya.

Keunggulan lain pesantren ini adalah pengajaran bahasa asing. Santri akan mendapat pelajaran bahasa Arab, Jepang, Inggris, dan Mandarin. Tak hanya itu, para santri juga dibekali dengan ilmu agrobisnis, seperti bercocok tanam, beternak, dan melakukan produksi.

Pondok Pesantren Nur El Falah, Banten

Pondok pesantren ini berlokasi di Kampung Kubang Desa, Kubang Jaya, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten. Pondok pesantren Nur El Falah terhitung sebagai podok yang tua. Pondok ini didirikan oleh KH. Abdul Kabier pada tahun 1943.

Pondok Nul El Falah memiliki program unggulan, seperti penerapan sistem tes sidik jari untuk mengetahui potensi bakat, keahlian, dan metode belajar. Selain itu, pondok ini juga menekankan pembelajaran IT, dengan mewajibkan setiap santri dapat menguasai komputer dan teknologi.

Para santri di sini juga memiliki kegiatan tahunan. Pihak pondok mendatangkan syaik dari Al Azhar Mesir untuk membimbing para santri dalam membaca Al Quran serta pelatihan-pelatihan lain.

Itu tadi rekomendasi pondok pesantren unggulan di Jawa Barat yang tepat untuk putra-putri Anda. Setiap pondok memiliki keunggulan dan metode belajarnyha masing-masing. Anda bisa memilihi pondok yang seseuai dengan minat dan bakat putra-putri anda.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI

Terkait