5 Curug Eksotis di Sukabumi yang Akan Membuatmu Takjub
Curug Cikaso (Pemprov Jabar)

Bagikan:

Berlibur ke tempat wisata alam menjadi salah satu cara untuk refreshing dari aktivitas harian yang sibuk dan suntuk. Salah satu destinasi alam yang bisa dipilih adalah curug atau air terjun. Memiliki banyak pegunungan dan perbukitan membuat Jawa Barat daerah-daerah di Jawa Barat mempunyai banyak wisata curug.

Sukabumi adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak wisata curug. Selain pantai, curug menjadi salah satu wisata andalan Sukabumi. Air terjun yang ada di sana mempunyai pemandangan alam yang eksotis.

Berikut adalah rekomendasi curug di Sukabumi yang perlu anda masukan ke dalam list destinasi liburan anda.

 Curug Cikaso

Air terjun ini berada di Desa Ciniti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Untuk menuju ke curug ini, pengunjung harus menyeberang menggunakan perahu. Satu perahunya ditumpangi oleh 10 hingga 13 orang.

Pemadangan alam di air terjun ini akan memanjakan mata anda. Ketika musim kemarau, air yang turun di curug ini berwarna putih kebiru-biruan. Pohon dan tumbuhan-tumbuhan di sekitar air terjun akan berwarna hijau segar.

Jika ingin ke Curug Cikaso, disarankan untuk datang di pagi hari.  Di pagi hari, anda akan merasakan kesejukan alamnya. Pengunjung juga bisa berenang di curug ini, karena airnya cukup dangkal dan tenang.

 Curug Cikanteh

Air terjun ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk sampai ke tempat ini anda harus melakukan perjalanan yang seru dan menantang. Pengunjung harus melewati sungai, sehingga terpaksa harus basah-basahan.

Namun usaha keras tersebut akan terbayar ketika sampai di  curug ini. Curug Cikanteh menawarkan panorama alam yang elok dan air yang jernih dan segar. Ukuran aliran air terjun ini yang lebar menjadi daya tarik utamanya.

Meski trecknya lumayan sulit, tapi Curug Cikanteh selalu penuh pengunjung ketika waktu liburan. Jadi jika ingin puas menikmati air terjun ini, disarankan untuk datang pada hari biasa.

 Curug Cimarinjung

Air terjun ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Curug Cimarinjung setinggi 45 meter ini dilewati oleh Sungai Cimarinjung. Karena berada di lereng bukit batu tertua di Jawa, debit air curug ini sanagt besar.

Untuk sampai ke tempat ini anda sudah tersedia akses jalan yang bagus. Namun pengunjung harus melewati melewati jalan yang curam dan terjal. Daya tarik curug ini adalah barisan batuan cadas dan tembing-tebingnya yang tinggi.

Curug Pareang

Air terjun ini berlokasi di Desa Sidaresmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Akses menuju tempat ini cukup mudah, bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 dan roda 4. Biaya masuk ke tempat ini juga sangat ramah kantong.

Daya tarik Curug Pareang adalah air terjun 8 tingkatnya. Aliran air di curug ini tidak langsung jatuh dari tebing ke sungai. Namun airnya mengalir melewati tebing berundak. Pemandangan itulah yang membuat air terjun ini menjadi sangat eksotis.

Pengunjun akan betah berlama-lama di sini karena suasana alamnya yang sejuk. Hijau pepohonan dan ricis aliran air membaut pengunjung bisa berelaksasi di sini.

 Curug Cirajeg

Air terjun ini berlokasi di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. Akses yang harus ditempuh untuk sampai ke sini sangat mudah. Curug yang berjarak 4 Km dari Kantor Kecamatan Purabaya ini bisa diakses menggunakan kedaraan roda dua maupun empat.

Curug ini memiliki keistimewaan yang berbeda dengan curug lain. Jika curug lain berada di tengah hutan dan bukit, curug ini berada di antara hamparan persawahan. Persawahan di situ berbentuk terasering, yang semakin menambah keindahan panorama Curug Cirajeg.

Tak hanya itu, curug ini juga menawarkan spot bagi anda yang suka foto-foto. Di curug ini, banyak terdapat spot foto selfie yang menawan. Jika lelah, pengunjung tak perlu bingung karena di sini juga disediakan gazebo untuk beristirahat.

Itu tadi beberapa wisata curug di Sukabumi yang perlu anda jadikan destinasi wajib. Berkunjung ke curug-curug tadi akan membuatmu merasakan rileksasi. Pikiran dan badan anda dijamin akan langsung segar.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI